Searching...

BUDIKDAMBER (BUDIDAYA IKAN DALAM EMBER) : BUDIDAYA IKAN MUDAH DAN MINIMALIS



Budikdamber (budidaya ikan dalam ember) merupakan salah satu alternatif cara budidaya ikan yang sedang tren saat ini. Budidamber merupakan salah satu cara budidaya ikan yang digunakan oleh pemula. Teknik ini merupakan perpanjangan dari akuaponik, yang memungkinkan ikan dan tanaman tumbuh dalam satu wadah. Budikdamber dianggap sebagai solusi permasalahan budidaya tanaman dan ikan karena memungkinkan budidaya tanaman dan ikan digabungkan dalam satu wadah.

Budikdamber memadukan metode budidaya dan penanaman ikan dengan metode akuaponik.Sistem budidayanya disesuaikan dengan ukuran ember yang kami gunakan. Ikan memainkan peran penting dalam sistem akuaponik. Ikan menyediakan hampir semua nutrisi bagi tanaman. Ikan yang biasa digunakan dalam metode Budidamber seringkali adalah ikan lele. Ikan lele merupakan ikan yang sangat mudah dibudidayakan dan mempunyai nilai ekonomis.Metode penanaman yang kami gunakan adalah akuaponik. Akuaponik merupakan salah satu alternatif menanam tanaman dan beternak ikan dalam satu wadah. Suatu proses dimana tanaman memanfaatkan nutrisi dari kotoran ikan, yang jika dibiarkan di kolam akan menjadi racun bagi ikan. Tanaman tersebut kemudian bertindak sebagai penyaring tanaman, memecah zat beracun tersebut menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan dan memasok oksigen ke air tempat
ikan tersebut dipelihara. Siklus ini akan menjadi win-win cycle dan bagi kita yang mengikutinya tentu akan sangat menguntungkan karena lahan yang digunakan tidak terlalu luas.
 
Back to top!