Searching...

Mengapa Daun Tanaman Menguning?


Tanaman dalam ruangan (indoor) maupun luar  ruangan (outdoor) dapat secara tiba-tiba berubah warna daunnya menjadi kuning dan  hal tersebut adalah suatu tanda atau gejala bahwa ada  sesuatu yang terjadi dengan tanaman tersebut.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu daun tanaman berubah warna menjadi kuning antara lain:

Kurang Air
Bila tanaman kekurangan air, maka secara alami mereka akan memaksa diri untuk menggugurkan daunnya dengan tujuan untuk memperlambat proses transpirasi demi menghemat konsumsi air. Masuk akal? Pada awalnya tampak dari  tepian daun yang mulai  menggulung dan  berubah menguning, dan  bila terus dibiarkan tanaman akan mati.

Terlalu Banyak Air
Tidak hanya kekurangan air saja,  terlalu banyak air juga dapat berdampak fatal  pada tanaman. Sistem perakaran yang terlalu lama terendam dalam air mengakibatkan berkurangnya pasokan oksigen yang dibutuhkan sehingga terjadilah proses pembusukan dan  kematian pada akar.  Hal ini mengakibatkan berkurangnya daya  serap akar  dan  akan tampak langsung dari  perubahan warna daun seperti halnya pada tanaman yang kekurangan air meskipun penyebabnya berbeda.

Sinar Matahari
Kurang  mendapatkan sinar matahari juga dapat memicu daun tanaman berubah menjadi kuning. Untuk mengatasi hal ini cukup dengan memindahkan tanaman ke tempat yang lebih  banyak mendapatkan sinar matahari.

Sistem Perakaran & Nutrisi
Kerusakan pada sistem perakaran yang disebabkan karena wadah yang terlalu sempit untuk menampung perkembangan sistem perakaran dan  kurang nutrisi juga dapat memicu daunan menguning. Untuk memperbaiki kondisi ini cukup dengan memindahkan tanaman ke dalam wadah (pot) yang lebih  besar dan  tambahkan nutrisi / pupuk.

Hama Penyakit / Serangga / Fungus
Hama penyakit yang disebabkan oleh  virus, bakteria, fungus atau serangga juga menjadi salah satu penyebab warna daunan berubah menguning.

Kesimpulan
Perubahan warna pada daun tanaman adalah tanda pertama atau gejala yang terlihat apakah tanaman sehat atau tidak.  Mereka memiliki mekanisme bertahan hidup alami yaitu  dengan merontokkan daunan untuk menghemat konsumsi makanan dan  proses tersebut diawali  dengan perubahan warna pada daun. Untuk  memperbaiki kondisi tersebut, kita harus terlebih dahulu tahu (diagnosa) apa  penyebabnya dan sering sekali  solusinya terletak hanya pada merubah cara  kita mengairi mereka.

Salam  hijau!

https://hidroponiq.com/2015/08/mengapa-daun-tanaman-menguning/


Hidroponik Medan
Jl. Karya Jaya Gg.Abadi No.7 Pangkalan Mansur, Medan Johor, Medan - Sumut
HP/SMS/Whatsapp/LINE: 0813 6129 1195
Office : 061-7872367

 
Back to top!